Sabtu, 22 Januari 2011

Penghalang Doa Sehingga Tidak Sampai Ke Hadirat Tuhan

Ratapan 3:44
"Engkau menyelubungi diriMu dengan awan, sehingga doa tak dapat menembus".

Seringkali di kalangan anak-anak Tuhan bertanya-tanya 'mengapa doa saya tidak dijawab oleh Tuhan'. Tetapi dalam ayat ini kita membaca bahwa ada doa-doa yang jangankan dijawab, sampai pun tidak. Doanya tidak dapat menembus awan kemuliaan Tuhan. Awan juga adalah tempat kediaman Tuhan (Keluaran 14:24). Merupakan satu tragedi jika doa tidak tembus kepada Tuhan. Doa adalah saluran komunikasi kita kepada Tuhan Yesus. Teknologi modern berhasil menciptakan handphone yang mempunyai fungsi yang sangat banyak. Melalui handphone kita bisa mengirim dan menerima pesan, bisa simpan alamat, bisa rekam suara, dlsb. Demikian juga dengan doa, bila didalami kehidupan doa banyak sekali kegunaannya. Kehidupan kekristenan kita tidak berarti jika doa-doa kita tidak sampai kepada Tuhan.

Penghalang doa sehingga tidak dapat menembus hadirat Tuhan adalah:

1. Tidak mengampuni. Matius 6:12,14,15.

Perjamuan Kudus adalah memperingati tubuh dan darah Kristus yang ditumpahkan di Golgota untuk mengampuni manusia. Kita sering alpa kepada Tuhan dengan tidak mau mengampuni orang lain. Kita sering menganggap remeh akan dosa karena tidak mengampuni. Sikap tidak mau mengampuni bersumber dari tiga hal: kekerasan hati, tidak mau merendahkan diri, dan tidak mau mencari atau menemui orang lain. Dosa selalu berakibat kutuk. Kutuk selalu melibatkan empat generasi. Mungkin kita anggap enteng terhadap pengampunan tetapi ingat nanti bisa berakibat kepada anak, menantu, cucu. Akibat tidak mau mengampuni maka doa kita terhalang ke hadirat Tuhan.

2. Tidak memiliki iman yang penuh. Matius 21:22

Syarat doa yang bisa menembus hadirat Tuhan adalah doa yang penuh kepercayaan. Iman yang penuh. Berdoa dengan suara keras atau suara lembut itu bagus dan didengar Tuhan tetapi Tuhan tidak ditentukan oleh volume suara kita. Tuhan terpengaruh sekali oleh iman kita. Iman dihasilkan oleh Firman Tuhan (bd. Roma 10:17). Oleh sebab itu kita perlu banyak mendengar Firman Tuhan. Waktu-waktu ibadah yang telah ditentukan perlu kita gunakan untuk menerima Firman Tuhan. Semakin banyak mendengar Firman semakin bertambah iman kita. Doa yang didengar Tuhan adalah doa yang penuh dengan iman. Yakobus 5:16.

3. Keluarga yang tidak harmonis. I petrus 3:7.

Keharmonisan keluarga juga merupakan syarat bagi doa-doa yang mau menembus hadirat Tuhan. Keluarga bukan hanya dibina dengan uang tetapi keluarga harus dibina dengan cinta kasih dan kepedulian. Anggota keluarga harus saling mendoakan. Suami mendoakan kelemahan isteri dan isteri mendoakan kekurangan suami. Orang tua harus peduli terhadap anak-anaknya. Doa kita sia-sia jika keluarga tidak harmonis.

Semua orang ingin supaya doanya sampai dan dijawab Tuhan. Oleh sebab itu singkirkanlah semua yang dapat menghalangi doa kita. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Blogger Templates