Minggu, 20 Februari 2011

Sesuai Dengan Firman Tuhan

Sesuai Dengan Firman Tuhan
Yosua 11-12

Yosua melaksanakan seluruh firman Tuhan dengan tepat, tidak ada yang tidak dilaksanakan. Ketaatan pada kehendak Tuhan menjadi kunci keberhasilan dan kemenangan mereka, yang bukan hanya akan mereka miliki saat itu, tetapi juga di masa yang akan datang.
Tuhan memerintahkan agar seluruh wilayah Kanaan dikuasai dan penduduknya dibunuh. Apakah Allah begitu kejam sehingga Ia memerintahkan terjadinya pembunuhan terhadap semua penduduk? Mengapa mereka tidak dijajah saja tanpa dibunuh? Apakah Allah tidak berbelas kasihan kepada manusia lain selain kepada penduduk Israel? Mengapa pertumpahan darah harus terus terjadi? Pertanyaan-pertanyaan ini tidak mudah dijawab, apalagi bila hanya dengan mempertimbangkan pikiran manusia. Allah memiliki kehendak-Nya sendiri yang khusus atas setiap orang, termasuk dalam hal pemusnahan semua penduduk Kanaan yang sudah direncanakan Tuhan pada zaman Musa (perhatikan pengulangan perkataan, “seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa, hamba-Nya” dalam 11:12, 15, 20, 23) dan sekarang dilaksanakan oleh Yosua. Allah hendak membangun dan menguduskan umat-Nya serta memisahkan mereka dari penduduk asli Kanaan agar mereka berkenan di hadapan Tuhan sebagai bangsa yang kudus dan tidak dicemari oleh kawin campur, penyembahan berhala, dan budaya suku-suku Kanaan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.
Orang Kristen saat ini diperintahkan Tuhan untuk melakukan firman Tuhan sesuai dengan kehendak-Nya. Buanglah segala pertimbangan yang salah dan lakukanlah dengan tepat seluruh firman-Nya. Renungkanlah firman Tuhan siang dan malam, kemudian lakukanlah firman itu. Itulah yang berkenan kepada-Nya!
Yosua 11:15 “Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, hamba-Nya itu, demikianlah diperintahkan Musa kepada Yosua dan seperti itulah dilakukan Yosua: tidak ada sesuatu yang diabaikannya dari segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.”

Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Blogger Templates