Senin, 22 November 2010

Iman dan Obat

Bacaan Setahun : Mazmur 148-150

Nats : Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah (1 Timotius 5:23)

Bacaan : 1Timotius 4:1-11


Berapa tahun yang lalu, seorang anak kecil yang sakit akhirnya meninggal karena orangtuanya menolak memanggil dokter. Mereka berpikir bahwa menggunakan obat berarti kurang beriman kepada Allah. Setelah anak itu meninggal, mereka berkata, "Ini adalah kehendak Tuhan."

Dalam 1 Timotius 5:23 Paulus menasihatkan agar Timotius meminum anggur untuk obat sakit perutnya dan untuk "tubuhnya yang sering lemah." Para ahli Alkitab tidak tahu pasti apa penyakit yang diderita Timotius. Ada yang mengatakan ia dalam kondisi gelisah. Yang lain berpendapat bahwa Paulus mengusulkan anggur sebagai ganti air yang tidak sehat.

Apapun masalahnya, Paulus menganjurkan Timotius untuk memakai anggur sebagai obat bagi kondisi fisik maupun emosionalnya. Sebelumnya Paulus telah mengatakan kepada Timotius bahwa:

"semua yang diciptakan Allah itu baik dan satu pun tidak ada yang haram jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa" (1 Timotius 4:4-5).

Ini membuktikan bahwa Allah mengizinkan kita untuk menggunakan alat-alat yang tersedia untuk meningkatkan kesehatan, termasuk obat-obatan. Namun, ada satu syarat penting: kita harus berdoa dan menerimanya dengan ucapan syukur.

Betapa bersyukurnya kita atas kemajuan ilmu kedokteran yang meningkatkan kualitas hidup dan memberi kita umur yang lebih panjang untuk melayani Dia! Namun hendaknya kita selalu ingat bahwa dengan atau tanpa obat, Allah adalah sumber segala kesembuhan [DJD]

The God who graciously imparts the skill. To hands that practice healing arts is still. The solitary source of every breath, and He alone delivers us from death. -- Gustafson

MEMOHON MUJIZAT DARI ALLAH BUKAN BERARTI BERHENTI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT YANG ALLAH BERIKAN


Sumber: Renungan SABDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Blogger Templates